Kambing Cross Boer Murah di Kudus Jawa Tengah

Persilangan kambing Boer menghasilkan persilangan antara kambing Boer dan kambing lokal. Ini termasuk Jawarandu, PE, dan kambing kacang. Program perkawinan silang antara kambing Boer dan kambing lokal akan meningkatkan produktivitas ternak yang dipelihara oleh kambing dan meningkatkan produksi daging. Bobot badan merupakan unsur penting dalam menentukan nilai ekonomi usaha peternakan yang memungkinkan peternak menghitung jumlah produksi daging dan harga jualnya guna menentukan keuntungan yang diperoleh. Ada berbagai jenis kambing yang lahir dari persilangan antara kambing lintas boer yaitu,

 

1. Kambing Boerja karena adanya proses perkawinan silang antara kambing Boer jantan dengan kambing Jawa betina.

2. Kambing Boerawa, yaitu hasil perkawinan silang antara kambing Boer jantan dan kambing Etawa betina.

 

Kambing Boer produktif memiliki berat hingga 80 kg, sedangkan kambing Jawa memiliki berat antara 25 kg, Boerja serta Boerawa memiliki berat antara 35-45 kg. Kawin silang dilakukan di berbagai lokasi seperti Bojonegoro, Blitar, Malang, dan treggalek. Hal ini tidak terlepas dari kerja sama Gubernur Pemda setempat yang mengadvokasi inisiatif ini agar dapat membantu masyarakat dalam budidaya kambing di Indonesia. Salah satu peternak tradisional asal Jawa Timur mengaku mendapat pesanan dari rumah makan, dan pernah menjual 300 ekor kambing Boerwa ke wilayah Sulawesi. Begitu juga Nusa Tenggara Timur. Salah satunya adalah peternakan agriranch yang difokuskan secara eksklusif untuk beternak kambing Boerja atau Boerwa. Peternakan ini terletak di dekat Karangpoloso, Malang, Jawa Timur.

 

Selain itu, pada tahun 2005 di Ciawi tepatnya di Ciawi, tepatnya di Balai Peternakan Ciawi telah dilakukan percobaan persilangan kambing Boer jantan dan kambing lokal betina. Peningkatan produksi kambing lokal melalui perbaikan mutu genetik melalui persilangan dengan pejantan unggul seperti kambing Boer akan memberikan banyak peluang. Studi ini menemukan adanya peningkatan bobot lahir sekitar 15,6 persen jika dibandingkan dengan kambing PE. Selain itu, persilangan dua varietas kambing dilakukan oleh tim peneliti yang tergabung dalam Loka Penelitian Kambing Bertempat di Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Penelitian yang dilakukan telah terbukti mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan bagi budidaya kambing Boer di Indonesia Oleh karena itu beberapa keuntungan dari perkawinan silang kambing Boer atau yang disebut cross boer goers adalah sebagai berikut:

 

1. Kambing Cross Boer memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, berat lahir rata-rata berkisar antara 2,2 hingga 2,8 kg untuk setiap ekornya. dan pada usia 6 bulan mengalami pertumbuhan bobot 16 sampai 20 kg per ekor. Berat satu ekor kambing Boer jantan persilangan umur 12-18 bulan bisa mencapai 26 sampai 36 kg per ekor.

 

2. Reproduksibilitas kambing Boerka sangat tinggi. Kambing Cross Boer mampu melahirkan anak hingga 3 kali dalam 2 tahun, dengan satu atau dua anak pada setiap kelahiran per induk. Mereka mampu beradaptasi dengan kondisi tropis lembab yang terdapat di daerah dataran rendah.

 

Keunggulan kambing cross boer memiliki potensi besar untuk dikembangkan baik oleh peternak komersial maupun tradisional. Hal ini dapat menambah pengetahuan dan membantu masyarakat dalam beternak kambing cross boer untuk membantu masyarakat meningkatkan produktivitas. Peternak juga dapat mengidentifikasi harga jual kambing Cross Boer di pasar internasional dan nasional. Harga rata-rata penjualan kambing cross boer di pasaran adalah Rp 10.000 per kg.

 

Budidaya Kambing Boer

1. Kandang dan tanah

Lokasi dan kondisi tanah tidak menjadi masalah karena kambing Boer mampu beradaptasi dengan kondisi yang berbeda, namun cukup besar untuk memenuhi kebutuhan. Kandang dan lahan tidak boleh diletakkan di lokasi yang sulit dijangkau sinar matahari, jauh dari pemukiman, dan tidak boleh tergenang air jika kemungkinan terjadi hujan lebat. Sistem kandang yang dikumpulkan dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan juga memudahkan pembersihan kotoran kambing.

 

2. Biji

Penting untuk memilih induk dan bibit yang tepat untuk dijadikan sebagai penerus atau penghasil generasi kambing berikutnya. Spesifikasi yang paling diinginkan adalah kambing sehat yang memiliki tubuh sehat dan kokoh. Waktu yang baik untuk bapak adalah antara 6 dan 7 bulan.

 

3. Beri makan

Dalam pemberian pakan, kambing Boer seperti kambing lainnya sangat menyukai daun hijau seperti daun nangka. Jumlah makanan yang dikonsumsi dapat berkisar dari 10 persen hingga 15 persen berat. Selain itu, penyediaan bahan makanan tambahan untuk membantu menambah nutrisi guna mendongkrak laju pertumbuhan kambing. Dimungkinkan untuk diproses oleh pabrik atau diproses secara pribadi dan dengan persentase protein 16%. Selain itu, kambing Boer dapat minum air minum 1,5 hingga 2,5 liter sehari dan untuk kesehatan air minum harus diganti setiap hari.

 

4. Pemuliaan dan pengobatan

Perawatannya pun tidak sulit karena domba boer memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan termasuk spesies langka.

are menderita penyakit. Namun, kesehatan perlu menjadi pertimbangan saat beternak kambing berkualitas. Pastikan untuk melakukan penyemprotan secara rutin dengan disinfektan di dalam kandang.

 

Selain itu, fase kawin harus dikontrol untuk menghasilkan hasil yang unggul, jika digabungkan atau dibiarkan sendiri pejantan unggul tidak akan kawin dengan betina berkualitas unggul, sehingga anaknya tidak memiliki hasil yang diinginkan.

 

Itulah beberapa manfaat kambing Boer dan harga jual saat ini dapat dijadikan sebagai sumber bagi mereka yang baru beternak dan ingin memulai usaha berbasis ternak. Jika mereka dirawat dengan baik, mereka akan memberi Anda keuntungan yang signifikan. Bisa bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Memasuki Sirkuit F1 Singapura

Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Mencerahkan Kulit

visa haji furoda 2019