10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan! di cimahi jawa barat

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Namun tahukah Anda, selain dagingnya yang enak ternyata juga susu yang dihasilkan mamalia ini juga tak kalah nikmat untuk dikonsumsi. Bukan hanya rasa yang penting, kelebihan dan kandungan susu kambing dalam bentuk murni dapat menjadi alternatif pengganti susu sapi atau susu nabati.

 

Susu kambing memiliki kandungan protein, kalsium dan zat penting lainnya yang lebih tinggi bagi tubuh dibandingkan susu sapi yang biasa dikonsumsi. Menurut laporan United States Department of Agriculture (USDA), berikut adalah perbandingan nutrisi dalam satu cangkir (237 ml) susu kambing dan susu sapi.

 

Menurut penelitian, analisis susu kambing dan susu sapi jelas bahwa kandungan protein, kalsium, magnesium, fosfor, magnesium, dan kalium susu kambing melebihi susu sapi. Manfaat susu kambing adalah ramah terhadap pencernaan manusia, mudah dicerna dan juga mengandung prebiotik dengan kadar yang lebih tinggi sebagai sumber makanan bagi bakteri baik dalam sistem pencernaan.

 

Sayangnya, susu kambing yang murni serta racikannya sulit ditemukan di toko kelontong. Ini karena fakta bahwa kambing perah menghasilkan jauh lebih sedikit daripada sapi perah. Maka, tidak mengherankan bila ambing kambing memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

 

Jika Anda ingin mengganti susu yang Anda konsumsi setiap hari dengan susu kambing, berikut 10 keuntungan minum susu kambing murni dan olahan yang harus Anda ketahui:

 

1. Sumber asupan protein tinggi

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah besar untuk membangun jaringan di dalam tubuh. membangun antibodi, dan merupakan sumber energi penting selain karbohidrat dan lemak.

Susu kambing lebih kaya protein daripada susu sapi dan susu nabati. Jumlah protein yang ada pada susu kambing adalah sembilan gram seperti pada susu sapi yaitu 8 gram. Jika susu nabati, seperti susu kedelai, mengandung 6 sampai 7 gram protein. susu almond memiliki 0-1 gram protein.

 

Selain itu keju kambing juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein harian dan juga sebagai pengganti susu sapi. Tapi, tentu saja juga diisi dengan sumber protein lain yang meliputi telur, daging, dan bahkan kacang-kacangan.

 

2. Tingkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem pertahanan tubuh? Ya, kandungan mineral selenium pada susu kambing memang terkenal cukup banyak dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium di dalam tubuh bekerja sebagai antioksidan. Ini juga meningkatkan kekebalan, dan membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, pentingnya Selenium bagi kesehatan tubuh Anda tidak bisa dilebih-lebihkan.

 

Karena kandungan selenium yang tinggi pada susu kambing, dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala kondisi lingkungan dan tingkat aktivitas, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Menambahkan segelas penuh susu kambing ke dalam diet Anda akan meningkatkan kekuatan tubuh Anda dan membuatnya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang yang minum susu mengalami gangguan lambung, mulas dan diare. Selain sehat, tubuh mulai terasa lemas akibat konsumsi susu. Seringkali, kondisi ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa dari susu dengan baik karena alergi susu tertentu.

 

Susu kambing, meski mengandung laktosa dan tinggi protein, dianggap lebih mudah dicerna pencernaan dibandingkan susu dari sapi. Selain itu, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing memiliki reaksi alergi yang lebih rendah dibandingkan susu sapi. Namun, ada baiknya bagi yang memiliki riwayat alergi susu untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahli medis ahli demi keamanan.

 

Prebiotik yang merupakan komponen utama dalam susu kambing membantu memberikan asupan bagi bakteri baik dalam saluran pencernaan agar jumlahnya tetap terjaga atau bahkan bertambah sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Selain sebagai makanan kaya protein, alasan banyak orang mengonsumsi susu adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda. Ini karena peran penting kalsium dalam menjaga kesehatan tulang.

 

Menurut tabel perbandingan nutrisi 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing merupakan sumber kalsium yang setara dengan 327 mg. Sebanyak 51 mg lebih banyak dari kalsium pada susu sapi. Ini berarti menambahkan susu kambing ke dalam makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari.

 

Bahkan sebuah penelitian tahun 2014 di Rusia melaporkan bahwa pemberian susu kambing sebanyak 400ml per

setiap hari kepada 42 orang yang berusia lanjut diyakini memiliki efek positif dalam metabolisme tulang. Ini juga membantu melawan osteoporosis dalam hubungannya dengan terapi.

 

5. Dalam mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling fatal dan mematikan. Untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, ada segudang kebiasaan positif yang bisa Anda lakukan mulai dari olahraga hingga olahraga.makanan kotor ke dalam diet Anda dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menambahkan susu kambing ke dalam diet sehat.

 

Susu kambing mengandung asam lemak tak jenuh (tunggal atau ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat membantu mencegah berbagai bentuk penyakit jantung.

 

Selain itu kandungan magnesium yang tinggi pada susu kambing bermanfaat untuk menjaga kesehatan detak jantung serta mencegah peningkatan kadar kolesterol. Hal ini akan memastikan bahwa jantung menjadi lebih sehat.

 

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, Anda harus memperhatikan asupan kalsium harian. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi kalsium juga penting untuk membantu pembentukan gigi yang kuat dan sehat.

 

Dari jumlah total kalsium yang diserap tubuh, 99% disimpan di gigi dan tulang. Kalsium ini akan digunakan untuk membuat jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Jika tidak ingin gigi mudah retak dan rontok perbanyaklah konsumsi minuman dan makanan yang kaya akan kandungan kalsium.

 

Susu kambing bisa menjadi pilihan Anda untuk sumber kalsium harian Anda. Jumlah kalsium pada susu kambing mampu memenuhi 33% kebutuhan gizi harian, lebih besar dari susu sapi yang hanya 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung asam linoleat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. Sejumlah penelitian telah membuktikan manfaat minum susu kambing untuk menurunkan kolesterol di kantong empedu dan juga pembuluh darah arteri.

 

Artinya baik mereka yang menderita kolesterol maupun memiliki kadar kolesterol yang terjaga dapat memiliki pilihan susu yang lebih aman yang dapat mereka konsumsi.

 

Manfaat susu kambing lainnya setelah menjaga kadar kolesterol adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), serangan jantung dan stroke.

 

8. Kulit halus dan sehat.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk perawatan kulit yang terbuat dari susu kambing seperti sabun mandi serta lulur, losion dan masih banyak lagi. Susu kambing yang tinggi akan asam laktat, asam lemak dan vitamin A yang tinggi dipercaya dapat memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

 

Jika Anda ingin memiliki kulit yang mulus maka produk berbahan dasar susu kambing bisa menjadi pilihan yang tepat. PH susu kambing identik dengan kulit manusia. Itu tidak menyebabkan kerusakan kulit dan aman untuk orang yang menderita kulit sensitif.

 

Selain itu asam laktat yang ada pada susu kambing dapat memberikan kelembapan maksimal pada kulit sehingga cocok untuk orang yang memiliki masalah dengan kulit kering. Komponen lain seperti vitamin A dan asam lemak mengandung kemampuan untuk membantu memperbaiki permukaan kulit Anda dan menghilangkan sel kulit mati.

 

9. Memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

Sebuah penelitian pada tahun 2002 menunjukkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan sehingga lebih optimal.

 

Ini berbanding terbalik dengan susu sapi yang justru mengganggu kemampuan tubuh menyerap tembaga dan besi saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain.

 

Kesimpulannya, konon makan makanan dengan segelas susu kambing bisa membuat tubuh menyerap semua nutrisi dalam makanan tanpa kehilangan semuanya.

 

10. Tidur lebih nyenyak

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Pertimbangkan untuk meminum segelas susu kambing hangat sebelum memejamkan mata di tempat tidur.

 

Kandungan asam amino triptofan pada susu kambing mendukung produksi hormon serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin sangat penting untuk menjaga stabilitas suasana hati serta untuk meningkatkan relaksasi dan membantu menciptakan hormon melatonin yang juga dikenal sebagai hormon tidur.

 

Dengan cara ini, meminum satu ons susu kambing sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

 

Tidak diragukan lagi akan keunggulan susu kambing murni maupun produk olahannya karena kandungan gizi yang terkandung di dalamnya cukup besar. Keunggulan susu kambing dibandingkan dengan susu nabati atau susu sapi ini juga telah dibuktikan secara klinis. Mulai dari kandungan protein, sodium magnesium, kalsium, dan potasium, tidak ada yang bisa mengalahkan susu kambing. Anda tidak perlu khawatir untuk memilih susu kambing sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

Banyaknya manfaat susu kambing murni sangat cocok bagi Anda dan anggota keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mampu membantu mengurangi risiko beberapa jenis penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung.

 

Selain menjaga dari dalam, manfaat susu kambing yang murni adalah sebagai tambahan.

 

terlihat dari luar melalui gigi yang sehat serta tampilan kulit yang bercahaya, lembab, dan lembut yang menyempurnakan penampilan Anda saat beraktivitas.

 

Meski mencari susu kambing murni tidaklah mudah Ada banyak peternakan terpercaya yang memproduksi dan menjual susu kambing beku, dingin, botol atau bahkan bubuk dengan harga berbeda.Harga susu kambing yang dijual di pasaran adalah Rp. 44.000-80.000 per 200 gram bubuk murni susu kambing. Rp. 6.600 hingga 10.000 per 200ml untuk susu kambing segar atau beku.

 

Jika dibandingkan harga susu kambing dengan susu sapi, tentu harganya bisa dua kali lipat lebih mahal. Namun, dengan nilai gizi susu kambing yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi atau produk olahan susu dari sayuran, biaya yang ditawarkan sebanding dengan manfaat kesehatan yang Anda dapatkan darinya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton Minimalis dan Uditch dengan Desain Unik dari PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah

Tips Cara Memasuki Sirkuit F1 Singapura

Pemesanan Gambar Rumah dari Seluruh Indonesia